Skip to main content

Wisata bukit talang indah pringsewu lampung

Musim liburan sekolah menjadi momen untuk berjalan-jalan ke tempat wisata bersama teman ataupun keluarga, Ada beberapa destinasi wisata di Kabupaten Pringsewu yang menjadi daerah kunjungan liburan bagi wisatawan lokal maupun luar daerah, Salah satunya adalah Talang 3 yang merupakan peninggalan politik etis jaman penjajahan Belanda pada tahun 1928.

Talang 3 ini mempunyai panjang sekitar 107,5 meter, serta memiliki ketinggian 15 meter dari permukaan bawah dan berada di Kelurahan Fajaresuk, Kecamatan Pringsewu.

Sebenarnya, ada lima jembatan irigasi (talang air) yang dibuat pada jaman politik etis. Keempatnya kini sudah dilakukan pemugaran dan dikunjungi wisatawan sebagai spot swafoto.

Talang 1 berada di Bumi Noto, Pagelaran, kemudian Talang 2 dan 2 berada di Pajaresuk, Talang 4 berada di Bumi Ayu dan Talang 5 berada di Bumi Arum.

Sejak diresmikan menjadi tempat wisata oleh Pokdarwis setempat pada akhir 2015 lalu, Talang 3 yang kini menjadi Taman Hutan Kota Talang Indah dan juga  Bukit Panggonan disediakan banyak fasilitas untuk pengunjung menghabiskan waktu sambil menikmati keindahan alam.

Berbagai fasilitas pendukung disiapkan berupa pondokan untuk istirahat, area berswafoto, tempat outbound , mainan anak-anak berupa kolam renang, mandi bola, bebek ontel, pemancingan, perahu karet, serta masih banyak permainan lainnya.

Tiket masuk Taman Hutan Kota Talang Indah relatif terjangkau bagi masyarakat,  cukup membayar loket sebesar lima ribu rupiah, akan tetapi untuk tiket weekend membayar sepuluh ribu rupiah. Wisata Talang Indah dibuka setiap hari sejak pagi hingga pukul 16.00 WIB.


Jika pada hari biasa pengunjung yang datang kurang lebih 200-an, pada musim liburan sekolah ini mencapai 500 pengunjung setiap harinya, demikian diungkapkan oleh salah satu pengelola Taman Hutan Kota Talang Indah-Bukit Panggonan,  Supardi, Minggu, 22 Desember 2019.

"Kedepannya ini makin ramai pengunjung karena Talang 2 dan Talang 1 sedang dalam proses renovasi dan akan dibuatkan beberapa pondokan, warung serta spot foto untuk pengunjung," ujarnya.

Menurut Supardi, keberadaan Taman Hutan Kita Talang Indah-Bukit Panggonan yang memiliki luas 7 hektaare ini sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar.

"Karena masyarakat bisa berdagang di sini Mbak, apalagi kalau musim liburan seperti ini kan ramai pengunjungnya, jadi dagangan pasti laku," jelas Supardi.

Berdasarkan pantauan Saibumi.com, sejak dzuhur pengunjung ramai berdatangan, mereka rata-rata datang beserta keluarga atau juga pasangannya.

Sarno, salah satu pengunjung asal Kalirejo, Lampung Tengah yang baru kali pertama ke Taman Hutan Kota Talang Indah ini mengaku senang.

"Mumpung musim liburan sekolah Mbak, jadi bisa ajak keluarga ke sini. Puas lah bisa jalan-jalan ke sini, biaya masuk cukup murah kok. Tapi kalau bisa diperbanyak fasilitas buat anak-anak bermain," ujar Sarno.

Senada dengan Sarno, Jakarawadi, pemuda asal Gadingrejo Pringsewu yang datang bersama saudaranya pun mengakui keindahan Taman Hutan Kota Talang Indah-Bukit Panggonan ini. Apalagi banyak spot swafoto yang keren.



Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar