Skip to main content

Panduan Cara Mengisi Data Manajemen PAUD dengan Mudah dan Benar


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat memiliki sistem bernama Manajemen Pokok Pendidikan Anak Usaha Dini dan Pendidikan Masyarakat atau yang umum dikenal sebagai Manajemen PAUD.

Sistem itu bisa diakses oleh masyarakat umum di situs https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/. Situs itu perlu dikunjungi oleh pengelola lembaga PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sistem Manajemen PAUD itu dibuat oleh pemerintah untuk memeriksa hasil sinkronisasi data pokok peserta didik (Dapodik) PAUD dan pendidikan masyarakat, mengubah sinkronisasi data,  mengetahui kode registrasi Dapodik PAUD sampai mengganti nama operator Dapodik PAUD atau nama pengguna atau reset pengguna.

Baca juga: prosedur pengajuan NUPTK 2020

Data-Data Manajemen PAUD
Seperti yang bisa kita lihat, ketika membuka situs manajemen PAUD, ada banyak data tersedia. Data itu antara lain satuan pendidikan, peserta didik, pendidik, rombongan belajar dan sebagainya.

Data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan rombongan belajar itu terbagi atas kategori PAUD, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) serta Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Situs itu juga menyediakan data jumlah satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan rombongan belajar dari tahun 2016 sampai 2019.

Situs itu juga menyebutkan satuan pendidikan mana yang terakhir kali tersinkronisasi dengan situs manajemen PAUD dan pendidikan masyarakat tersebut. Di samping itu, situs menunjukan provinsi serta kabupaten dan kota dengan kemajuan (progress) memasukkan data tertinggi.

Cara Mengisi Dapodik PAUD
Pada dasarnya, situs Manajemen PAUD digunakan bagi pengelola satuan pendidikan yang ingin mengisi Dapodik PAUD. Pada saat ini, metode pengisian Dapodik dapat dilakukan secara online. Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah metode sinkronisasi yang dapat dilakukan melalui situs Manajemen PAUD.

Langkah-langkah sinkronisasi itu, seperti dibagi oleh blogger bernama Secercah Ilmu, antara lain:

  • Buka situs Manajemen PAUD di https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/.
  • Di pojok kanan atas, klik log in lalu pilih satuan pendidikan.
  • Masuk ke laman login Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas. Setelah itu, isi login sesuai dengan surel dan password di aplikasi Dapodik PAUD online atau offline.
  • Masuk di laman Dashboard Satuan Pendidikan. Di bagian Profil PAUD silakan klik pada tombol Dapodik online atau offline. 
  • Ubah Metode Sinkronisasi ke Dapodik Online.
  • Proses mengubah metode sinkronisasi Dapodik ke online telah berhasil dilakukan. Tahap berikutnya adalah mengakses Dapodik PAUD Online di aplikasi Dapodik PAUD Dikmas secara online. 


Pengisian Dapodik PAUD secara Online
setelah selesai mengubah metode sinkronisasi Dapodik Online, maka kini tahap berikutnya, mengisi data di aplikasi Dapodik Online. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Akses aplikasi Dapodik PAUD Dikmas Online. 
  • Masuk ke laman Dashboard Dapodik, di bagian validasi kita akan melihat data-data yang masih warning dan invalid.

Setelah itu, serangkaian tahapan yang dilakukan dalam Pengisian Dapodik Paud Dikmas Online semester ganjil 2019/2020 antara lain:

1. Meluluskan atau mengeluarkan peserta didik

  • Klik Menu Peserta Didik  lalu pilih Peserta Didik.
  • Setelah itu, pilih salah satu nama peserta didik. Untuk meluluskan, klik icon di sebelah keterangan Jenis Kelamin.
  • Masuk ke laman Keluarkan Peserta Didik, lalu isi data-data tersebut. Setelah selesai, klik Simpan.

2. Salin Penugasan PTK 

  • Klik pada menu Pendidik/Tendik (PTK) lalu pilih PTK. 
  • Salin Penugasan PTK. Klik tombol Ya untuk proses salin penugasan PTK.
  • Setelah itu muncul keterangan Sukses Menugaskan PTK untuk Tahun Ajaran 2019/2020. Klik OK. 
  • Proses meluluskan peserta didik dan salin penugasan PTK telah berhasil dilakukan. 

3. Update data rinci periodik sekolah
Kita bisa cek pada Validasi, masih terdapat beberapa data invalid yang berwarna merah dan warning yang berwarna kuning. Kita bisa memperbaiki data-data yang masih invalid itu. Cara update data-data yang masih invalid di Dapodik PAUD Online itu seperti berikut.

Salin data rinci periodik

  • Klik pada Menu Lembaga, lalu pilih Data Periodik, lalu pilih Salin Data Periodik.
  • Masuk ke laman Salin Periodik, lalu klik Ya. Salin Data Rinci Periodik berhasil dilakukan.

Update sanitasi sekolah 
Klik pada Menu Lembaga, lalu pilih Sanitasi, lalu pilih Salin Data Sanitasi, lalu klik Ya. Proses Salin Sanitasi sekolah berhasil dilakukan.

Bersedia menerima BOP 
Klik pada Menu Lembaga, lalu pilih Data Periodik, lalu pilih Salin Data Periodik.  Setelah itu, klik pada Bersedia Menerima BOP, kemudian klik Simpan. Ya, proses update Menerima BOP telah berhasil dilakukan!

Nah, demikian panduan mengisi Manajemen PAUD dan Dapodik PAUD. Semoga penjelasan ini bermanfaat,

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar