Skip to main content

Contoh kata pengantar proposal, skripsi yang baik dan benar


Kata pengantar – Kata pengantar berfungsi mengantarkan pembaca kepada isi atau uraian-uraian yang terdapat di dalam suatu karya ilmiah. Sehingga, kata pengantar bukan hanya berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan dan orang-orang yang membantu penulisan karya ilmiah serta permohonan maaf atau kelemahan-kelemahan karya ilmiah yang ditulis. Bahkan, kata pengantar juga dilengkapi dengan uraian yang mendorong membangkitkan minat orang lain untuk membaca karya ilmiah tersebut. Kata pengantar ditulis di halaman tersendiri, artinya tidak bersatu dengan bagian lain. Pada akhir kata pengantar, di sebelah kanan bawah, dicantumkan tempat dan tanggal serta nama penyusun. Seperti berikut ini contoh kata pengantar yang dapat dijadikan panduan sebelum menulis.

Dalam penulisan kata pengantar, Anda harus mengetahui unsur-unsur dalam menyusun kata pengantar. Seperti berikut ini, beberapa unsur yang harus diterapkan dalam membuat kata pengantar.

  1. Berisi ucapan unsur
  2. Penjelasan mengenai adanya tugas penulisan karya ilmiah
  3. Penjelasan adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak
  4. Ucapan terima kasih
  5. Penyebutan nama kota, tanggal, dan bulan. Tidak lupa juga untuk membubuhkan tanda tangan penulis.
  6. Harapan penulis terhadap tulisannya kepada pembaca
  7. Manfaat bagi para pembaca dan ketersediaan untuk menerima kritik dan saran dari para pembaca

Meskipun sebagian besar pembaca jarang membaca bagian yang satu ini, namun kata pengantar tetaplah penting untuk menunjang profesionalitas dan kredibilitas makalah yang telah diselesaikan. Selain itu, adanya kata pengantar juga mewujudkan rasa hormat seorang penulis terhadap pembacanya. Dalam merangkai kalimat pengantar tentunya harus menggunakan bahasa baku dan kalimat yang efektif serta mudah dimengerti oleh pembaca. Seperti yang diketahui, menyusun kalimat memang merupakan hal yang sulit. Ada orang yang dapat merangkai kata dengan cepat namun tidak menghasilkan kalimat efektif, ada juga yang dapat dengan lambat merangkai kata namun menghasilkan kalimat yang efektif. Semua dapat juga dipelajari agar menjadikan rangkaian kata yang efektif.

dan berikut ini adalah contoh penulisan kata pengantar yang baik dan benar.

KATA PENGANTAR
    Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan kasih sayang-nya kepada hamba-hamba-nya untuk menyelesaikan tugas akhir ini. Sholawat beriring salam semoga terlimpah kepada Rosulullah SAW, yang menjadi contoh dalam berbuat dan bertindak untuk kita semua.
    Dalam menyelesaikan skripsi ini, penulis telah banyak dibantu oleh berbagai pihak. Maka dari itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada:

  1. Ibu Dr. Sri Murlianti, M.Si, selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Sarifudin. S.Sos M.Si selaku Dosen Pembimbing II yang dengan penuh tulus ikhlas memberikan saran-saran, nasehat, waktu serta motivasi yang sangat bermanfaat bagi penulis dalam penyusunan skripsi.
  2. Bapak Drs.Martinus Nanang. MA dan Ibu Notiva Surya Ningsih. MA Selaku penguji I dan II, yang dengan penuh ketegasan dalam memberikan arahan penulisan serta memberikan saran-saran redaksi, isi dari skripsi.
  3. Ibu Dra. Lisbet Situmorang, M.Si terimakasih yang saya ucapkan yang telah membantu menyelesaikan matriks penelitian serta motivasi-motivasi yang di berikan.
  4. Kepada Ayah Romlan, Ibu Tercinta Melyani dan Adik Dila, serta semua Keluarga saya tersayang yang selalu mendo’akan penulis agar menjadi anak yang sholeh dan berguna bagi agama, bangsa dan Negara, yang dengan segala usaha, kasih sayAng dan perhatiannya sehingga penulis berhasil hingga saat ini.
  5. Keluarga besar Beastudi etos Samarinda, kerena telah memberikan masukan, nasehat. Dorongan dan tentunya memberikan do’a khusus buat penulis. Dan buat Keluarga besar Pramuka Universitas Mulawarman yang telah memberikan dukungan dan do’a yang terbaik. 
  6. Keluarga besar Etos 2014 Hikam, Eko, Jefri, Reza, Rony, Angga, Iwan, Yusri, Andi, Ozi, Sofi, Roby, Amrina, Hekti, Ayu, Ledy, yang memberikan dukungan dan do’a terbaik kepada penulis.
  7. Kakakku Rudini, S.Sos saya ucapkan banyak terimkasih yang dengan penuh kesabaran memberikan arahan serta motivasi-motivasi yang di berikan sehingganya peneliti bisa menyelesaikan skripsi ini.
  8. Umar dani, Omik Bustomi, Rahmat dermawan, Siswandi, rika kurnia serta seluruh angkatan 2014 jurusan sosiologi, yang selalu memberikan semangat kepada penulis. Kalian adalah teman serta sahabat baikku, sehingga bisa menyelesaikan tugas skripsi ini.
  9. Semua teman-teman yang tidak bisa disebutkan satu-persatu namanya yang telah membantu terselesaikannya penyusunan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan, untuk itu perlu adanya perbaikan bagi penelitian selanjutnya. Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat,. Aamiin ya robbal alamin.

dalam penulisan kata pengantar biasanya setiap kampus memiliki panduannya masing-masing, kata pengantar biasanya berisikan ucapan kepada orang-orang yang telah membantu dalam penyelesaian tulisan skripsi.


Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar