Skip to main content

Cara Screenshot di Mac book dengan mudah

Jika Anda pengguna dari PC Windows ke Mac, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengambil cuplikan layar tanpa tombol Print Screen di keyboard Anda. Jangan khawatir, karena ada berbagai metode tangkapan layar — termasuk untuk menangkap jendela tertentu — tersedia di MacOS, Apakah Anda telah memperbarui ke Catalina atau masih menjalankan Mojave, yang semuanya menghasilkan gambar yang dapat Anda gunakan untuk apa pun yang Anda butuhkan.

Menggunakan perintah keyboard


Perintah keyboard MacOS adalah cara termudah dan tercepat untuk mengambil screenshot pada Mac, Apakah Anda menangkap seluruh layar atau hanya sebagian darinya. Secara default, semua metode Apple sendiri akan menyimpan screenshot Anda ke desktop Anda. Jika Anda hanya ingin menyalin screenshot ke clipboard, tahan tombol Control saat Anda menekan salah satu kombinasi tombol yang diberikan di bawah ini.

Langkah 1: tekan Command + Shift + 3 kunci secara bersamaan

Langkah 2: itu akan menyimpan salinan layar Anda ke desktop Anda. Alternatifnya, Anda dapat menekan kombinasi yang sama dengan tombol Control untuk menyimpan gambar ke clipboard Anda.

Di MacOS Catalina, pratinjau tangkapan layar akan muncul di sudut layar sehingga Anda dapat mengakses alat pengeditan lebih cepat. Anda juga dapat memanfaatkan fitur "Stacks", yang mengelompokkan file serupa di desktop, seperti screenshot. Untuk melakukannya, cukup klik kanan pada desktop Anda lalu klik gunakan Stacks, dan semuanya akan dengan cepat dikelompokkan bersama.

Menangkap area yang dipilih

Langkah 1: tekan tombol Command + Shift + 4 kunci secara bersamaan

Langkah 2: dengan penunjuk Anda berubah menjadi crosshair, klik dan seret untuk memilih wilayah yang ingin Anda tangkap. Ketika Anda melepaskan tombol mouse Anda, screenshot akan disimpan ke desktop Anda.

Langkah 3: atau, jika Anda menggunakan MacOS Mojave atau versi lebih baru, tekan Command + Shift + 5 kunci secara bersamaan untuk mendapatkan Marquee di layar yang menunjukkan apa yang akan ditangkap. Ini dapat dipindahkan atau diubah ukurannya seperlunya. Kombinasi tombol ini juga memberi Anda menu dengan pilihan seperti di mana untuk menyimpan tangkapan layar, apakah akan menampilkan penunjuk dan banyak lagi.

Pilihan Anda kemudian akan disimpan ke desktop. Atau, juga tekan tombol Control dan screenshot Anda akan disimpan ke clipboard.

Perhatikan bahwa jika Anda memiliki MacBook Pro dengan Touch Bar, itu akan memberi Anda pilihan di Touch Bar yang menyertakan porsi Terpilih, jendela, atau seluruh layar. Anda juga dapat menggunakannya untuk menyimpannya ke folder lain seperti desktop, dokumen, atau clipboard. Fitur lain yang eksklusif untuk Touch Bar MacBooks adalah mengambil cuplikan layar Touch Bar, yang dapat dilakukan dengan menekan Shift + Command + 6.

Menangkap satu jendela

Langkah 1: tekan Command + Shift + 4 kunci secara bersamaan sehingga penunjuk Anda menjadi crosshair.

Langkah 2: tekan spasi. Penunjuk akan berubah menjadi ikon kamera.

Langkah 3: Anda akan melihat bahwa setiap jendela yang Anda arahkan ke atas sekarang akan disorot dengan warna biru. Ini menunjukkan bahwa hanya jendela ini akan ditangkap di screenshot Anda.

Langkah 4: klik pada jendela yang ingin Anda screenshot dan gambarnya akan disimpan ke desktop.

Metode ini tidak hanya menangkap jendela — Anda dapat menyimpan desktop, bilah menu, dock, atau bahkan menu terbuka dengan sendirinya.

Gambar yang Anda Simpan akan menjadi PNG transparan dari jendela, bersama dengan bayangannya. Jika Anda tidak ingin bayangan disertakan, tekan dan tahan tombol option (diberi label sebagai Alt pada beberapa keyboard Mac) saat Anda mengeklik untuk menyimpan gambar.

Seperti dengan metode screenshot lainnya, tambahkan Control pada kombinasi tombol untuk memastikan gambar disimpan ke clipboard, bukan desktop Anda.

Mengambil screenshot dengan Grab di MacOS Mojave

Tidak merasa seperti menghafal shortcut keyboard? Grab adalah aplikasi yang telah terinstal di semua Mac dan memungkinkan Anda membuat cuplikan layar langsung dari bilah menu. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengambil cuplikan layar yang tertunda, kalau-kalau Anda perlu mengatur panggung sebelum menangkap gambar di layar Anda. Jika Anda menggunakan MacOS Catalina, fitur Grab telah digabungkan ke dalam kombinasi tombol Command + Shift + 5.

Langkah 1: Luncurkan Grab dengan membukanya dari folder utilitas, yang disimpan dalam folder aplikasi. Setelah diluncurkan, Anda akan melihat ikon aplikasi di dok. Anda juga dapat menyematkan ikon ini untuk akses cepat nanti.

Langkah 2: baik menggunakan sistem menu Capture untuk mengambil screenshot seperti yang Anda inginkan atau menggunakan shortcut keyboard yang rinci di samping perintah masing-masing.

Waktu screenshot

Dengan Grab, Anda dapat mengambil tangkapan layar dari bagian layar tertentu, jendela individual, atau seluruh layar — tiga opsi yang sama dengan yang diuraikan sebelumnya di atas. Yang baru di sini adalah opsi layar timed, yang memberi Anda jeda 10 detik sebelum tangkapan layar diambil.

Ini berarti bahwa jika Anda perlu membuka menu atau memposisikan penunjuk pada posisi yang tepat, Anda punya waktu untuk melakukannya.

Langkah 1: Buka Grab seperti pada petunjuk di atas.

Langkah 2: pilih waktu tunggu screenshot dari menu Grab, atau tekan shortcut: Command + Shift + Z.

Perlu diingat bahwa penunjuk Anda tidak akan muncul di screenshot secara default. Jika Anda ingin memastikannya ditangkap dalam bingkai, klik Preferences dari menu Grab utama dan pilih ikon pointer dari jendela pop-up yang dihasilkan.

Penunjuk hanya akan muncul ketika menangkap tangkapan layar yang tertunda. Kami masih berpikir pintasan keyboard adalah cara yang lebih baik untuk menangkap tangkapan layar, tetapi jika Anda tidak ingin menghafal apa pun, Grab adalah alternatif yang bagus.

Menggunakan pratinjau untuk mengambil cuplikan layar
Preview, alat default yang memungkinkan Anda untuk membuka semuanya dari foto ke file PDF di Mac Anda (Berikut cara mengonversinya), memiliki lebih dari beberapa fitur yang kurang dikenal. Anda dapat mengedit gambar dengan preview, misalnya, hanya dengan mengklik ikon Toolbox. Pratinjau juga dapat menangkap tangkapan layar.

Langkah 1: Buka pratinjau.

Langkah 2: klik fillet di menu bar.

Langkah 3: dari menu drop-down, pilih ambil screenshot dan kemudian baik dari pilihan, dari jendela, atau dari seluruh layar, tergantung pada preferensi Anda.

Kami lebih memilih metode shortcut keyboard yang satu ini karena yang pertama jauh lebih cepat, tapi preview memang menawarkan satu keuntungan utama: Anda dapat memilih di mana screenshot Anda berakhir. Pilihan lain pada daftar kami secara otomatis menyimpan screenshot Anda ke desktop dengan nama file verbose. Pratinjau membuka cuplikan layar, memungkinkan Anda melakukan beberapa pengeditan, lalu menyimpan file di mana pun Anda suka. Jika itu penting bagi Anda, Preview adalah pilihan yang solid.

Mengambil dan menyimpan screenshot Mac
Apa yang terjadi setelah tangkapan layar diambil? Dengan asumsi Anda tidak hanya mengirimnya ke clipboard, Mac Anda akan secara otomatis stempel waktu screenshot dengan tanggal dan waktu itu diambil, sebelum menyimpannya sebagai file PNG pada desktop Anda. Ini berguna untuk referensi langsung, tetapi jika Anda mengambil banyak screenshot berturut-turut, desktop Anda akan dengan cepat menjadi berantakan dengan file yang olahraga nama aneh.

Jika Anda menjalankan MacOS Mojave atau Catalina, ada organisasi baru dan alat pengeditan cepat yang dapat Anda manfaatkan. Screenshot disimpan ke desktop yang dapat dengan cepat dikelompokkan bersama menggunakan tumpukan (klik kanan desktop dan klik gunakan tumpukan) untuk dekekacauan hal, dan ketika mereka muncul sebagai thumbnail di sudut layar Anda tak lama setelah Anda mengambil mereka, Anda dapat mengklik gambar tersebut untuk mengeditnya dengan cepat menggunakan alat markup.

Jika menjalankan MacOS versi lebih lama, Anda selalu dapat menyeret tangkapan layar ke sampah, membuat beberapa modifikasi melalui perintah terminal, atau menggunakan aplikasi MacOS pihak ketiga. Kami berbicara tentang beberapa favorit kami dalam panduan untuk aplikasi MacOS terbaik.

Ambil, misalnya, aplikasi TinyTake untuk Mac, yang memberi Anda kontrol yang jauh lebih besar atas screenshot Anda dan bagaimana Anda mengambilnya.

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar