Skip to main content

Cara Mengganti Favicon Standar Blogger dengan Logo Blog Sendiri di tampilan terbaru

Apa Itu Favicon?
Favicon adalah sebuah icon atau gambar kecil berbentuk persegi yang digunakan sebagai logo atau identitas sebuah blog saat muncul di adress bar. Ukurannya memang kecil, tetapi kalau diganti dengan logo favicon anda sendiri tentu akan membuat tampilan blog anda lebih berkesan bagi pengunjung atau pembacanya. Tampilan favicon di browser dapat dilihat juga pada history di sidebar browser jika mereka menampilkannya pada browser. Logo yang khas dan mencolok akan membantu pembaca untuk menemukan kembali blog anda atau artikel yang pernah mereka baca melalui blog anda dengan membuka history browser. Nah, sekarang kita sudah tahu manfaatnya menggunakan favicon sendiri, alih-alih menggunakan favicon standar (default) yang diberikan blogger. Kemudian, marilah kita pelajari caranya untuk mengganti favicon tersebut pada blog anda.

Langkah-Langkah Mengganti Favicon dengan Logo Blog Sendiri


  1. Pertama-tama siapkan dulu sebuah gambar logo yang khas untuk blog anda. Jika anda punya kemampuan desain yang bagus, dapat membuatnya di photoshop, tetapi jika pengetahuan anda terbatas akan desain seperti saya, maka gunakanlah aplikasi pengolah kata seperti ms word. Gunakan fasilitas word art yang ada di sana, atau secara simple anda dapat mengetik huruf awal nama blog anda lalu memainkan warna dan jenis font, hingga background yang digunakan. (Saya melakukan yang terakhir ini untuk logo saya). Tangkap tampilan calon logo anda dengan tombol PRTSC SYSRQ di keyboard anda, lalu paste ke pengolah gambar untuk dicrop dengan ukuran bujursangkar (kotak). Ukuran file harus di bawah 100 KB, simpan dalam format jpeg atau png.
  2. Berikutnya, pergilah ke DASHBOARD blogger anda > LAYOUT
  3. Temukan BILAH ELEMEN FAVICON halaman blog anda di bagian atas layout blog
  4. Klik EDIT.
  5. Muncul jendela pop up tempat anda akan memasukkan favicon (logo blog anda) untuk menggantikan favicon default (standar) blogger. Klik BROWSE.
  6. Temukan favicon atau logo blog yang telah anda siapkan, klik logo tersebut, kemudian klik tombol OPEN.
  7. Biarkan proses upload selesai. Selanjutnya akan terbuka jendela pop baru tempat anda melihat logo blog baru anda telah terupload dan menggantikan favicon standar blogger. Klik SAVE.
  8. Lihatlah, layout dashboard blogger anda akan secara otomatis melakukan refresh, dan logo blog anda telah menggantikan logo/favicon standar default blogger yang berwarna oranye itu.
  9. Selanjutnya klik SAVE ARRANGEMENT di bagian atas halaman layout.
  10. Sekarang cobalah tutup browser anda. Lalu buka kembali dan pergilah ke blog anda. Perhatikan, apakah logo blog anda sudah muncul di bagian atas browser? Jika belum, berarti anda harus menghapus cache di browser anda terlebih dahulu untuk melihatnya. Sebenarnya, jika orang lain (visitor) membuka blog anda mereka sudah bisa melihat perubahan logo itu. Jadi cache yang ada di komputer anda membuat logo itu seakan belum terganti dan seakan usaha anda tak berhasil.
Cara ganti favicon di dasbord blogger terbaru
beberapa bulan yang lalu blogger update untuk tampilan dasbord blogger versi beta, awalnya sih saya tidak merasa ada yang aneh atau seperti apa, akan tetapi setelah di telusuri pada saat membuat blog baru ternyata, pada menu layout tidak terdapat tombol ganti favicon seperti biasanya.

nah cara yang paling ampuh adalah kalian bisa mengembalikan terlebih dahulu tampilan dasbordnya ke tampilan klasik agar lebih memudahkan dalam mengganti favicon blogger.

mungkin itu saja tips dari saya semoga bermanfaat terimakasih

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar