Skip to main content

8 Jurusan Ini Sepi Peminat, Padahal Menawarkan Gaji yang Besar Lho!

Masih banyak orang yang beranggapan, dengan memilih dan masuk di jurusan favorit akan membuat kariernya berjalan mulus ke depannya. Padahal belum tentu!

Semakin banyak orang yang mengambil jurusan favorit, itu berarti saingan kita di lapangan pekerjaan yang sama nanti akan semakin banyak.

Biar bisa main aman, gimana kalau kita mengambil jurusan yang sepi peminat dengan prospek kerja menjanjikan dan yang menawarkan gaji yang besar?

Memang dibutuhkan ekstra ketekunan dan semangat yang luar biasa ketika mengambil jurusan di bawah ini, tapi itu semua akan 'dibayar lebih' ketika kita udah lulus nanti.

Yuk intip 8 jurusan sepi peminat yang menawarkan gaji yang besar. Bisa jadi pertimbangan ya, girls!

1. Oseanografi

Jurusan Oseanografi singkatnya adalah jurusan yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kelautan.

Jurusan yang satu ini punya prospek kerja yang bagus lho di masa depan! Apalagi kita tinggal di negara maritim.

FYI, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki luas laut 62 % dari luas teritorialnya.

Hal ini membuat sumber daya pesisir dan lautan jadi sumber devisa yang penting dan bermanfaat bagi pembangunan nasional.

Makanya, sangat diperlukan SDM, dalam hal ini para lulusan jurusan oseanografi, yang mempunyai pengetahuan memadai yang mampu berperan dan memberikan kontribusi untuk pembangunan bangsa dari sektor kelautan.

Gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate oseanografi aja bisa mencapai angka Rp. 10 juta lho, girls!

Baca juga : Ebook wangsit SBMPTN gratis

2. Teknik biomedis

Kalau kita mengambil jurusan teknik biomedis ini kita akan mempelajari berbagai prinsip ilmu teknik dalam bidang medis atau kedokteran.

Uniknya, lulusan teknik biomedis ini diklaim mampu menjadi teknisi untuk memperbaiki alat-alat medis yang rusak. Menarik banget, ya!

Materi kuliahnya memang lebih banyak dan cukup sulit dari ilmu kedokteran pada umumnya.

Tapi percaya deh, apa yang kita pelajari di jurusan ini akan sangat worth it sama prospek kerja dan gaji yang akan kita terima nantinya.

Para lulusan teknik biomedis memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang kesehatan seperti lembaga layanan kesehatan, bidang industri, serta bidang pendidikan dengan tawaran gaji yang besar.

Di Amerika Serikat aja, seorang teknik biomedis memiliki gaji sekitar US$ 62.700 atau sekitar Rp. 915 juta per bulan!

Melihat bisnis di bidang kesehatan Indonesia yang semakin meningkat, enggak menutup kemungkinan lulusan jurusan ini akan ditawarkan gaji dengan angka yang fantastis juga nih!

Baca juga : Jurusan buat kalian yang introvert dan ekstroverd
3. Aktuaria

Melihat perkembangan bidang asuransi di Indonesia yang semakin meningkat, ahli di bidang aktuaria akan semakin dibutuhkan oleh banyak instansi terkait nih, girls!

Seorang aktuaria memiliki tugas untuk menghitung risiko dan juga biaya dari perusahaan asuransi.

Di jurusan ini, kita akan banyak belajar ilmu matematika, ekonomi, manajemen bisnis, dan ilmu komputer.

Pemerintah Indonesia sendiri menerapkan peraturan yang mewajibkan setiap perusahaan harus memiliki setidaknya satu aktuaria.

Sedangkan ahli atau lulusan dari bidang ini masih sangat sedikit yang membuat Indonesia saat ini sedang mengalami krisis aktuaria.

Kalau kita mengambil jurusan ini sekarang, setelah lulus nanti kita akan jadi 'rebutan' banyak perusahaan dengan tawaran gaji yang menggiurkan. Bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah dalam satu bulan lho!

4. Peternakan

Sesuai dengan namanya, jurusan peternakan mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan ternak.

Di jurusan peternakan ini, kita bisa mempelajari cara meningkatkan produktifitas dan mutu genetik di peternakan dengan menggunakan teknologi yang modern.

Enggak heran kalau lulusan jurusan ini akan sangat diharapkan untuk mengatasi krisis daging di Indonesia, serta meningkatkan kualitas hasil ternak yang bisa diekspor keluar negeri.

Setelah lulus, kita bisa bekerja di berbagai industri seperti Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Industri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak, dan Industri Pengelolaan Limbah.

Bahkan, peluang kerja di instansi pemerintahan juga sangat luas lho, mulai dari Kementrian Pertanian, Kementrian Koperasi, Kementrian Perindustrian, hingga Kementrian Lingkungan Hidup.

Gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate sarjana jurusan ini biasanya di atas angka Rp. 5 juta setiap bulannya.

5. Batra

Jurusan batra adalah jurusan yang berkaitan dengan pembuatan obat-obat tradisional.

Peluang kerja di masa depan juga cukup menjanjikan lho! Kita bisa meracik berbagai ramuan herbal baru, yang nantinya resep tersebut akan 'dibeli' oleh produsen besar.

Dengan menjual resep ramuan herbal tersebut, kita akan menerima royalti yang besar setiap bulannya dari para produsen. Bisa mencapai ratusan juta rupiah!

6. Ilmu Kehutanan

Jurusan ini mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, hingga pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri.

Enggak cuma fokus pada hasil hutannya aja, tapi jurusan ini juga mengajarkan kita tentang pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan.

Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan seperti di Kementrian Kehutanan, Kementrian Pertanian, bahkan Kementrian Pendidikan.

Di sektor swasta, sarjana ilmu kehutanan bisa bekerja di bidang pemetaan hutan, industri kehutanan, industri perkayuan, dan badan-badan konservasi hutan.

Lulusan jurusan ini akan sangat dibutuhkan ke depannya mengingat di Indonesia saat ini banyak terdapat kasus hutan gundul dengan tawaran gaji yang cukup besar.

7. Ilmu Perpustakaan

Jurusan ini masih sepi peminat karena masih dipandang sebelah mata dan sering dianggap membosankan.

Padahal jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan ke depannya lho!

Jurusan ilmu perpustakaan mempelajari tentang cara pengumpulan, pengorganisasian dan juga penyebarluasan sumber informasi yang ada di perpustakaan.

Lulusan ini nantinya diharapkan bisa menjadi tenaga ahli bagi semua jenis perpustakaan dan lembaga informasi, lembaga arsip, lembaga manajemen rekod, serta lembaga dokumentasi.

Setiap perusahaan pasti memiliki ruangan khusus dokumen dan arsipnya. Bayangkan kalau semua perusahaan butuh tenaga kerja dari bidang ilmu perpustakaan ini, peluang kerja untuk kita akan semakin luas karena saingannya masih belum banyak.

8. Astronomi

Jurusan yang satu ini menuntut kita untuk bisa menguasai berbagai pelajaran sulit seperti ilmu matematika, fisika, dan juga astronomi itu sendiri.

Jurusan ini dikategorikan sebagai alah satu jurusan sepi peminat karena banyak orang yang udah merasa takut duluan dan merasa enggak mampu untuk mengambil jurusan ini.

Padahal jurusan ini seru banget lho! Setelah lulus nanti, kita bisa bekerja di BMKG, LAPAN, hingga di NASA. Keren banget!

Gaji untuk staf pelindung bumi di NASA aja bisa mencapai US$ 187.000 atau setara dengan Rp. 2,7 miliar! Belum lagi ditambah dengan berbagai bonus.

Kalau kita tekun, enggak ada yang enggak mungkin untuk mengantongi miliyaran rupiah setiap bulannya! (*)

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar