Skip to main content

6 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik


Memilih universitas dengan jurusan kedokteran gigi terbaik di Indonesia itu memang tidak mudah. Harus mengetahui track record dari masing-masing universitas lebih dulu. Meski biaya kuliahnya cenderung mahal, tetapi prospek lulusan kedokteran gigi masih cukup tinggi di berbagai lapisan masyarakat. Berikut 6 universitas rekomendasi yang menyelenggarakan fakultas kedokteran gigi terbaik di indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)
Sejak tahun 1960, Fakultas Kedokteran Gigi UI (FKG UI) tidak pernah sepi peminat. FKG UI merupakan fakultas ke-4 di bidang kedokteran gigi yang paling awal dibentuk. Pada tahun 2014, program studi (prodi) di UI ini mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

2. Universitas Padjajaran (Unpad)
Mahasiswa Fakultas kedokteran gigi di Unpad kebanyakan berasal dari luar negeri. Di situlah peluang besar untukmu. Unpad selalu terbuka lebar-lebar untuk calon mahasiswa mana pun yang hendak menempuh pendidikan kedokteran gigi. Sudah sejak tahun 2003, Unpad sudah memiliki akses Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) sendiri.

Baca juga : daftar basiswa 2020 untuk SMA sederajat

3. Universitas Airlangga (Unair)
Unair menjadi universitas terbaik di Jawa Timur yang menyediakan prodi kedokteran gigi. Peminatnya sangat luas sampai Kalimantan dan Sulawesi membuatnya menjadi salah satu universitas dengan jurusan kedokteran gigi terbaik di Indonesia. Hebatnya, Unair selalu mendapat nilai A dari BAN-PT.

4. Universitas Gajah Mada (UGM)
Fasilitas untuk jurusan ini terbilang lengkap. Ada RS Mulut dan Gigi, Ruang Praktik, dan juga Ruang Laboratorium yang super lengkap. Kelengkapan itulah yang membawa UGM selalu mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT tiap 5 tahun sekali. Sejak tahun 1948, UGM selalu menghasilkan lulusan terbaik di prodi kedokteran gigi.

5. Universitas Hasanuddin (Unhas)
Unhas selalu menjadi rujukan calon mahasiswa yang ingin mengambil prodi kedokteran gigi di Makassar. Tidak hanya untuk calon mahasiswa dari Makassar, tetapi terbuka untuk daerah mana pun, termasuk calon mahasiswa dari luar negeri. Fakultas Kedokteran Gigi di Unhas telah berdiri sejak tahun 1969. Cukup lama, ya?

6. Universitas Trisakti (Unsakti)
Banyak dokter gigi andal yang berasal dari Unsakti. Fasilitas yang tersedia di Unsakti sangat lengkap. Hal itu seiring dengan visi-misinya yang berhasrat untuk selalu menghasilkan lulusan bermutu. Universitas yang berdiri tahun 1965 ini bisa dibilang perguruan tinggi yang kompetitif. Soalnya setiap tahun selalu memperbarui fasilitasnya.

Tingginya minat dan juga peluang kerja untuk lulusan jurusan kedokteran gigi rupanya sejalan dengan biaya kuliah yang semakin melangit. Cara terbaik untuk mendapatkan pendidikan kedokteran gigi dengan biaya terjangkau adalah dengan jalur prestasi. Namun kamu harus belajar ekstra keras, karena persaingan di bidang ini sangat ketat.

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar