Skip to main content

6 Universitas dengan Jurusan Kebidanan Terbaik


Peluang kerja bagi lulusan jurusan kebidanan di universitas negeri di Indonesia cukup terbuka lebar. Terlebih lagi kalau kamu berhasil mencatatkan diri sebagai mahasiswa yang berprestasi. Mengapa harus universitas negeri? Mayoritas PTN itu biayanya cenderung lebih murah dari PTS. Untuk rekomendasi, inilah 6 universitas negeri yang bisa kamu pilih.

1. Universitas Brawijaya (Unibraw)
Setiap tahun ajaran baru, Unibraw membuka seluas-luasnya untuk calon mahasiswa baru yang ingin mengambil program studi (prodi) kebidanan. Lulusan jurusan kebidanan di Unibraw diharapkan mampu berkontribusi dalam melayani kebutuhan masyarakat.

2. Universitas Padjajaran (Unpad)
Unpad membuka diri untuk calon mahasiswa yang ingin mengambil S1, D3, maupun D4 kebidanan. Fasilitas yang dimiliki oleh Unpad sangat lengkap. Khususnya D4, program ini memang baru dimulai pada tahun ajaran 2016/2017. Namun, dari segi peminat sudah bisa dikatakan cukup banyak. Pasalnya banyak lulusan D3 yang mau mendalami ilmu terapannya.

3. Universitas Airlangga (Unair)
Jurusan kebidanan di Universitas Negeri Airlangga telah mendapatkan akreditasi A sejak beberapa tahun yang lalu, khususnya untuk program S1. Bahkan akreditasi A dari BAN-PT tersebut sudah dicantumkan sejak jumlah universitas negeri yang menerima jurusan kebidanan S1 baru 3, bersamaan dengan Unibraw dan Unhas.

4. Universitas Hasanuddin (Unhas)
Bisa dibilang bahwa Unhas merupakan satu dari 3 universitas yang mula-mulai menerapkan program S1 Kebidanan. Namun sekarang jurusan ini sudah cukup populer diterapkan di berbagai universitas negeri. Di kampus jurusan kebidanan di Unhas seringkali menyelenggarakan seminar yang bisa diikuti oleh seluruh kalangan civitas akademika Unhas.

Baca juga : 6 universitas dengan jurusan dokter gigi terbaik

5. Universitas Indonesia (UI)
Kalau kamu mau melanjutkan program D4 atau S1 ke Universitas Indonesia bisa kok. Meskipun agak terlambat dibandingkan Unair maupun Unhas, peminat S1 di UI cukup banyak. Barangkali karena kualitas pendidikan kebidanan di UI memang telah sejajar dengan universitas negeri veteran lainnya.

6. Universitas Gajah Mada (UGM)
Senada dengan UI, Universitas Gajah Mada juga membuka bagi calon mahasiswa yang mau meneruskan D4 maupun S1 kebidanan. Di UGM persaingannya memang ketat. Namun persaingan itu sebanding dengan prestasi yang dicapai oleh mahasiswa-mahasiswa terbaiknya.

Manakah di antara ke-enam jurusan kebidanan di universitas negeri yang menarik perhatianmu? Sebelum memilih, pertimbangkan dulu biaya kuliah masing-masing universitas. Tetapkan tujuanmu sebelum memutuskan untuk kuliah. Apakah hanya mau senang-senang, menuntut ilmu, atau lainnya. Hasil belajarmu akan sejalan dengan tekad awalmu. Semoga bermanfaat :)

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar