Skip to main content

15+ Hiasan Ruang Kelas yang Kreatif, Unik,elegan, dan minimalis paling lengkap

Hiasan Kelas – Ruang kelas adalah salah satu penentu semangat belajar siswa, kondisi kelas memiliki pengaruh hampir 50% terhadap kenyamanan siswa dalam menerima pelajaran. Jika kondisi kelas rapi, bersih, bagus dan juga indah semangat para siswa juga pasti semakin tinggi. Terlebih lagi suasana kelas bagi taman kanak – kanak sampai dengan sekolah menengah pertama.

Untuk mendapatkan suasana kelas sesuai dengan harapan anak didik atau siswa di kelas, anda sebagai seorang guru harus bisa membuat kelas menjadi nyaman. Sehingga siswa – siswa anda senang belajar di dalam kelas. Untuk mewujudkan hal ini tidak jarang guru memberikan tugas kepada siswa dan siswinya untuk membuat kerajinan yang bisa digunakan untuk menghias kelas.

PENGERTIAN HIASAN KELAS
Kelas merupakan salah satu faktor penyebab siswa rajin atau malas dalam belajar, oleh karena itu kelas harus di hias dengan sebaik mungkin supaya setiap anak bisa merasakan kenyamanan dari kelasnya. Hiasan kelas sendiri adalah sebuah bentuk karya seni baik dari siswa maupun dari guru atau petugas lain yang di aplikasikan di dalam kelas.

TUJUAN HIASAN KELAS
Tujuan dilakukan kegiatan menghias kelas tentu sudah bukan lagi hal asing bagi semua orang. Yaitu untuk membuat suasana kelas menjadi senyaman mungkin, sehingga setiap orang yang berada di dalamnya merasa nyaman untuk belajar. Siswa juga bisa menyerap pelajaran yang diberikan semaksimal mungkin.


CARA MEMBUAT HIASAN KELAS
Dalam membuat hiasan kelas ada banyak cara yang bisa anda gunakan, anda bisa menggunakan kertas origami atau bahan – bahan lain yang sudah tidak terpakai. Seseorang yang ingin menghias kelas harus memiliki pemikiran kreatif yang tinggi, sehingga bisa menghasilkan karya yang luar biasa dari bahan yang biasa saja.

Cara pembuatan hiasan kelas ada banyak sekali macamnya dan akan dijelaskan bersamaan dengan penjelasan jenis – jenis hiasan kelas. Simak dan pelajari penjelasan berikut ini, jika anda ingin membuat hiasan kelas anda menjadi sangat menarik perhatian siswa.

JENIS – JENIS HIASAN KELAS
Hiasan kelas terdiri dari banyak jenis dan macamnya, beberapa contoh yang akan di bawah pada setiap sub judul nanti adalah berikut ini :

1. HIASAN MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI
Untuk hiasan menggunakan origami sendiri ada banyak sekali bentuk hiasan, anda hanya perlu belajar menempel dan merangkai kertas origami menjadi bentuk – bentuk tertentu yang di sukai oleh siswa siswi anda. Jika anda membuat sesuai dengan keinginan mereka maka bisa di pastikan bahwa mereka akan semakin semangat untuk belajar.

2. DEKORASI SESUAI DENGAN ANIMASI YANG SEDANG DISUKAI OLEH ANAK – ANAK, JIKA KELAS YANG AKAN ANDA HIAS ADALAH KELAS UNTUK TAMAN KANAK – KANAK.
Untuk hiasan yang menggunakan animasi ini biasanya dalam pembuatannya di lakukan oleh orang dewasa, dan menggunakan alat gambar yang profesional. Hiasan ini biasa di sebut dengan lukisan dinding. Sebuah seni yang sangat menarik untuk menghias kelas menggunakan seni di tembok karena akan menjadi ciri khas tersendiri.

3. MENGHIAS MENGGUNAKAN BAHAN – BAHAN BEKAS YANG SUDAH TAK TERPAKAI.
Untuk menghias kelas menggunakan bahan – bahan bekas adalah jenis hiasan yang biasa dilakukan oleh siswa sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. Biasanya mereka mendapat tugas kesenian dari gurunya untuk membuat sebuah karya dari bahan bekas yang sudah tidak terpakai. Yang kemudian hasilnya akan di gunakan untuk menghias kelas.


IDE MENGHIAS ATAU DEKORASI KELAS
Sebagai tempat belajar dan sebagai tempat untuk menentukan generasi bangsa, kelas harus menjadi sebuah ruang yang sangat disukai oleh orang dan juga sebagai tempat berkreasi bagi para siswa. Terutama kelas untuk anak – anak usia pra sekolah atau untuk anak – anak yang belajar di bangku taman kanak – kanak.

Oleh karena itu, sangat diperlukan lingkungan yang bisa memberikan dukungan yang produktif kepada mereka. Karena mendekorasi kelas adalah salah satu usaha untuk membuat anak – anak betah berada di dalam kelas. Dan akan lebih baik lagi jika di dalam proses menghias kelas tersebut anak – anak atau siswa turut serta di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang ide menghias kelas yang bisa anda jadikan panutan.


MENGHIAS KELAS DENGAN TEMA KARNAVAL
Dekorasi atau hiasan kelas dengan tema ini akan menghasilkan sebuah kelas yang ceria dan bahagia. Pemilihan warna sangat diperlukan dalam hal ini, warna yang terang atau warna yang mencolok merupakan salah satu warna yang menjadi ikon utama karena dipercaya bisa menghidupkan semangat para siswa dalam belajar.

Karena kesan yang ingin ditunjukkan adalah kesan ceria, maka mayoritas warna yang digunakan adalah warna terang seperti : merah, biru muda, dan warna kuning. Yang kemudian semua warna cerah tadi dipadukan dengan warna sekunder yaitu warna hitam. Kemudian tambahkan hiasan – hiasan yang bisa menarik minat siswa seperti adanya tempat main di dalam kelas atau yang lainnya. tema ini biasanya digunakan untuk menghias ruang kelas taman kanak – kanak.


MENGHIAS KELAS DENGAN TEMA BAWAH LAUT
Ide menghias kelas dengan tema ini, biasanya bukan untuk ruang kelas yang digunakan belajar semua murid. Namun, tema ini biasanya digunakan untuk menghias kelas baca atau biasa disebut dengan ruang baca. Tema yang sangat lucu dan imut, menggambarkan sebuah perpustakaan di bawah laut, tema ini dominan menggunakan warna biru san hijau sebagaimana warna laut.

Untuk dekorasi ini, visual lautnya diperoleh dari walpaper dinding kelasnya. Dibuat dengan art paper dengan tiga warna utama yaitu biru tua, biru muda dan ungu. Kemudian tambahkan hiasan seperti ikan atau gurita raksasa atau ada juga tempat untuk bermain bola pantai, sehingga kesan lautannya terasa.


MENGHIAS KELAS DENGAN TEMA MEKANIK
Dalam hiasan kelas dengan tema ini, anda masih harus bermain warna. Namun, pada tema yang satu ini banyak terdapat pernak – pernik mekanik seperti adanya hiasan roda bergerigi, baut dan juga ring. Semua jenis hiasannya dapat anda buat menggunakan kertas lipat. Begitu pula untuk bentuk dekorasi yang lainnya.

Tema kelas yang satu ini sangat cocok untuk sekolahan atau kelas yang belajar di bidang mekanik. Atau kelas – kelas yang memiliki alat – alat peraga atau sekolah robotik yang membuat lego dan robot. Menghias kelas selain membuat kelas menjadi lebih indah juga bisa digunakan untuk mengatur barang – barang siswa dengan rapi.


MENGHIAS KELAS DENGAN DOMINASI WARNA HITAM PUTIH
Ruang kelas dengan dekorasi ini adalah jenis kelas yang memiliki peralatan lengkap. Biasanya digunakan untuk desain taman kanak – kanak. Dimana di dalam kelasnya terdapat ruang belajar, ruang bermain, ruang berkumpul, perpustakaan mini, pantry dan juga area untuk ruang guru.

Warna dasar ruang kelas dibuat dengan warna mookrom yaitu hitam dan putih, kemudia setelah itu hiasan berupa meja dan kursi serta peralatan yang lainnya menggunakan warna yang lain. warna cerah yang kontras dengan warna dasar ruangan. Yang biasanya digunakan adalah hiasan bendera segitiga warna – warna dan juga bunga – bunga hiasan dari kertas origami.

Untuk lebih kreatif lagi pada bagian langit – langit kelas diberikan rumbai – rumbai gantung dari kertas dengan warna yang terang. Perpaduan antara warna dasar gelap dengan perabotan kelas menggunakan warna cerah akan menghasilkan sebuah kelas yang sangat nyaman dan indah.


MENGHIAS KELAS DENGAN TEMA KEMAH DI AREA BACA
Untuk menarik minat baca anak – anak kecil, anda harus jauh lebih kreatif dan mengikuti imajinasi mereka. Salah satunya adalah dengan membuat kelas membaca menyerupai kemah di tanah lapang. Di dalam ruang baca terdapat tenda dan juga ada sofa untuk duduk membaca, selain itu juga kondisi ruangan dibuat semirip mungkin dengan suasana out door.

Berikan hiasan tanaman dan juga daun – daun, selain itu anda juga bisa menambahkan adanya api unggun dan sebuah balon api. Sehingga anak – anak menjadi betah membaca buku di ruang baca yang lucu dan unik tersebut.


MENGHIAS KELAS MENGGUNAKAN TEMA WARNA – WARNI
Tema ini sesungguhnya adalah tema polkadot namun menggunakan warna yang berbeda – beda. Pernak pernik dekorasi yang digunakan adalah balon besar berwarna putih dengan hiasan polkadot dari kertas warna – warni akan membuat hasil yang indah.

Hiasan kelas tema ini sengaja menggunakan banyak warna karena untuk media belajar anak – anak mengenal aneka jenis warna. Selain itu anda juga bisa mengajarkan kepada anak – anak bagaimana cara megorganisir barang – barang milik pribadi dengan baik sesuai dengan warna barangnya.

MENGHIAS DINDING KELAS DENGAN POLKADOT KERTAS ORIGAMI
Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghias kelas menggunakan kertas origami. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut ini.

1. Siapkan kertas origami dengan aneka warna, kemudian pensil, gunting serta lem kertas.
2. Anda harus bisa membuat pola dalam kertas origami. Buatlah pola berbentuk bulatan pada kertas origami yang ukurannya bisa anda sesuaikan dengan ukuran kertas yang anda maksud. Hal ini bisa anda lakukan pada semua kertas origami yang anda punya.
3. Kemudian setelah selesai, gunting kertas sesuai dengan pola yang sudah anda buat.
4. Setelah itu berikan lem pada semua kertas yang berbentuk bulat dan tempelkan pada dinding kelas anda.

Hiasan model ini memang terkesan sederhana, tapi sudah dibuktikan berhasil membuat kelas menjadi lebih hidup. Anda bisa menyusunnya sesuai dengan bentuk yang anda inginkan menggunakan origami polkadot tersebut.


MACAM – MACAM BENTUK HIASAN KELAS MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI
Kertas origami bisa menjadi senjata yang tepat untuk merubah kelas menjadi lebih hidup dan menjadi lebih berwarna. Karena dengan kertas origami anda bisa membuat berbagai macam bentuk hiasan. Macam – macam bentuknya adalah sebagai berikut ini :

1. Hiasan kertas origami berbentuk tumbuhan untuk menghasilkan suasana kelas lebih alami
2. Memuat kipas angin buatan dari kertas origami supaya kelas menjadi lebih dingin
3. Membuat dekorasi 3D dengan Origami berbentuk hati
4. Hiasan berbentuk kupu – kupu dari origami juga bisa membuat kelas anda semakin cantik dan menarik.
5. Membuat bentuk hiasan burung camar yang melekat pada dinding kelas

Masih banyak lagi hiasan kelas dari kertas origami yang bisa anda buat, anda hanya perlu berkreasi sebaik mungkin untuk itu semua.

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar