Skip to main content

Daftar KIP kuliah untuk mahasiswa 2020/2021 terbaru

KIP kuliah :  merupakan bantuan dana pendidikan yang di berikan khusus kepada meraka yang sangat membutuhkan sekolah hingga kuliah di perguruan tinggi.

kartu indonesia pintar merupakan program kerja dari pemerintahan jokowi sejak periode pertama, akan tetapi pada waktu itu hanya menjangkau pendidikan dari SD sampai dengan SMA, nah di periode kedua ini, kartu indonesia di perluas hingga ke perguruan tinggi, entah akan menggantikan bidikmisi atau hanya sistemnya saja yang berubah admin juga masih kurang faham karena sosialisasinya pun menurut admin masih kurang dan masih tertutup.

sejak tahun 2010 bidikmisi pada progamnya sudah banyak membantu siswa dan siswi lulusan SMA/SMK untuk terus melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi, dengan adanya program beasiswa bidikmisi, yangdi prioritaskan adalah siswa dengan kondisi ekonominya kurang mampu tetapi memiliki potensi akademiknya yang baik.
setelah 10 tahun berjalan sepertinya bidikmisi akan merubah skemanya menjadi KIP kuliah di tahun 2020 tahun ini, kita hanya tinggal tunggu saja bagaimana nanti proses sosialiasasinya.

KIP kuliah ditingkat perguruan tinggi
mengacu pada RAPBN 2020, peserta didik yang khusus berhak mendapatkan kip kuliah harus memiliki KIP sejak disekolah, artinya peserta didik yang telah menerima KIP sejak sekolah bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dan akan mendapatkan KIP kuliah secara otomatis dengan syarat-starat yang berlaku.

Peserta didik yang telah memiliki KIP sejak sekolah dapat mengikuti seleksi masuk PTN atau PTS pada jurusan yang diinginkannya. Salah satu persyaratan KIP dari sekolah dapat berlanjut menjadi KIP Kuliah adalah PTN atau PTS yang dipilih telah memiliki akreditasi A/B, begitu pula dengan jurusan atau program studinya.

Setelah lolos seleksi masuk, KIP dapat langsung diajukan untuk menjadi KIP Kuliah. PTN atau PTS yang bersangkutan dapat memepertimbangkan kelayakan kelanjutan KIP menjadi KIP Kuliah dengan melakukan verifikasi atas keadaan ekonomi keluarga terkini.

Selain ditujukan bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu, KIP Kuliah juga mengutamakan mahasiswa pada perguruan tinggi vokasi atau politeknik. Pada perguruan tinggi non-vokasi, mahasiswa pada jurusan-jurusan sains dan teknologi juga mendapat prioritas.

KIP kuliah tanpa KIP dari sekolah
he he pasti dari kalian semua akan merasa iri dan tidak adanya keadilan dlam dunia pendidikan jika KIP kuliah hanya di dapat jika kalian punya KIP dari sekolah, pastikan beda dong pendaan waktu sekolah sama sedang kuliah, tapi tenang aja guys buat kalian semua yang merasa kurang mampu untuk melanjtkan kuliah kalian tetap bisa mengajukan KIP pada saat setelah penerimaan calon mahasiswa di peguruan tinggi masing-masing, kemungkinan untuk peraturan dan persyaratannya akan di nilai oleh kampus masing-masing.

dan untuk mahasiswa on going yang masih menerima bidikmisi program ini akan terus berjalan ya guys, kemungkinan 2019 adalah angkatan terakhir dari bidikmisi sebelum KIP kuliah di berlakukan,
yang pastinya buat kalian semua tidak ada kata tidak bisa untuk melanjutkan pendidikan ya, terus semgat dan terus cari informasi.

mungkin itu saja informasi pada kesempatan kali ini, kalian bisa meninggalkan jejak di kolom komentar ya kawan-kawan semua, semoga bermanfaat, terimakasih

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar